CSR PT. Sampoerna

1. Dalam pendekatan PETS  salah satu  aspek yg ditonjolkan adalah  aspek lingkungan. Dalam kaitan itu,  jelaskanlah  perusahaan yg dijadikan contoh apakah mereka mempunyai CSR berkaitan dg Lingkungan.

2. Kalau anda setuju bahwa  perusahaan tersebut mempunyai  peran dalam CSR untuk lingkungan, jelaskan hal itu dilaksanakan.

3. Menurut anda apakah kunci keberhasilan perusahaan  yang anda amati dalam menjalankan CSR   khusus untuk lingkungan

1. Program CSR PT. HM. SAMPOERNA Berkaitan Dengan Aspek Lingkungan

Sutu prusahaan agar tetap tumbuh dan berkembang serta menjaga eksistensinya tidak hanya dilihat dari kondisi keuangan (finansial) nya saja, tetapi juga perusahaan harus memperhatikan dimensi sosial dan lingkungan hidup. Seperti pada PT. HM. SAMPOERNA TBK yang memiliki pola pikir untuk tidak hanya berinvestasi pada masa depan bisnis saja, tetap juga berinvestasi pada kesejahteraan masyarakat diberbagai bidang termasuk aspek lingkungan. Mereka sangat mendukung berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk meningkatkan kondisi hidup di lingkungan tinggal dan kerja para karyawan, dan juga kepada petani pemasok tembakau. Berbagai program CSR dipadukan dalam suatu organisasi Putera Sampoerna Foundation (PSF) sangat bermanfaat bagi masyarakat dan juga lingkungan. Program yang mereka lakukan seperti penanganan bencana alam, pengentasan kemiskinan dengan melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat, pendidikan, dan pelestarian lingkungan. Pada bulan Mei 2010 Sampoerna menerima piagam penghargaan “Wana Lestari” dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia Indonesia pada acara yang disertai dengan penandatanganan nota kesepahaman untuk mendukung pengembangan Hutan Tanaman Industri (HTI), Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dan Hutan Rakyat di Indonesia, untuk mendukung program Penanaman 1 Miliar Pohon 2010 Kementerian Kehutanan, hal ini menjadi bukti bahwa PT. HM. SAMPOERNA juga turut serta dalam pelestarian dan memperhatikan aspek lingkungan.

 

2. Pelaksanaan CSR PT. HM. SAMPOERNA yang Berkaitan Dengan Aspek Lingkungan

  • Penanggulangan bencana alam

Wilayah Indonesia memang sangat rentan terhadap bencana alam. Untuk itu, PT. HM. SAMPOERNA ikut berpartisipasi membantu penanggulangan bencana dengan membentuk Sampoerna Rescue atau Tim SAR yang beranggotakan para relawan karyawan dan relawan medis yang dilengkapi dengan perahu, ambulans, truk pemadam kebakaran, pembangkit listrik, unit medis berjalan, dapur umum dan penyuling air bersih untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan saat bencana tersebut terjadi. Seperti pada gempa yang terjadi di padang pada 30 September 2009, tim SAR beserta tim penanggulangan lain memberikan bantuan medis, makanan, serts mendirikan tempat penampungan. Pada bencana banjir di Desa Sukaluyu dan Desa Puserjaya, Kabupaten Karawang, SAR juga ikut berpartisipasi menolong para korban dengan memberi bantuan logistik dan pemberian sumbangan karyawan Sampoerna kepada 1.700 kepala keluarga. Tim SAR juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan, seperti kegiatan pembersihan sungai, pencegahan kebakaran dan penyelamatan yang kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya.

 

  • Pengentasan kemiskinan

PT HM Sampoerna ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kegiatan kewirausahaan dengan mendirikan Pusat Pelatihan Kewirausahaan Sampoerna (PPKSampoerna) pada tahun 2006 yang berdiri diatas lahan perusahaan seluas 10 hektar di dekat pabrik Sampoerna di Sukorejo, Pasuruan, Jawa Timur. Program yang diusung berupa program pendidikan dan pelatihan yang ditunjang dengan fasilitas lengkap dan terpadu yang meliputi ruang pelatihan, bengkel otomotif dan lahan peternakan serta pertanian percobaan guna memotivasi pengembangan usaha kecil warga yang tinggal di sekitar pabrik dan dibeberapa wilayah di Jawa Timur dan Lombok , juga ditujukan kepada karyawan yang akan pensiun selain itu juga memberikan pinjaman usaha bergilir.

 

  • Pendidikan

PT HM Sampoerna turut berkontribusi terhadap materi pendidikan terutama dilingkungan sekitar pabrik melalui Pusat Pembelajaran Masyarakat dan Mobil Pustaka yang beroperasi di sekitar pabrik di Jawa Timur dan Jawa Barat. Selain itu juga dioperasikan perpustakaan karyawan di pabrik SKT di Surabaya, Jawa Timur. Sampoerna juga memberikan beasiswa kepada masyarakat dan program pendidikan lainnya yang bertujuan untuk menciptakan pemimpin masa depan yang berkwalitas dan mengarahkan segala sumber daya untuk mendidik para pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu tetapi memiliki potensi menjadi pemimpin masa depan.

  • Pelestarian Lingkungan

Hutan di Indonesia semakin hari semakin berkurang, disebabkan oleh penebangan liar, kebakaran hutan, ataupun spesies jenis tanaman yang punah akibat tidak dilestarikan. Oleh sebab itu PT HM Sampoerna bekerja sama dengan beberapa organisasi lingkungan turut serta dalam program pelestarian tanaman Mangrove di Surabaya dan Reboisasi di Pasuruan dan Lombok untuk tetap menjaga kelestarian hutan Indonesia. Salah satu implementasi nyata prusahaan Sampoerna yang ikut serta dalam pelestraian lingkungan yakni dengan menanam 5.000 bibit pohon beringin di sekitar sempadan sungai dan mata air yang terdapat di Desa Sam-belia, Lombok Timut. Selain itu pada tahun 2009 PT HM Sampoerna bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngudi Lestari, mengembangkan konsep pengelolaan hutan secara berkelanjutan yang melibatkan seluruh lapisan masyrakat dan memanfaatkan potensi ekonomi yang ada di masyarakat desa. Konsep ini merupakan konsep hutan kewirausahaan yang berfokus pada pengembangan pertanian organik, pengembangan hasil hutan non kayu dengan sistem agroforestry, penanaman tanaman buah atau Multi Purpose Tree Species (MPTS) di sela-sela tanaman tegakan, pembuatan satu buah instalasi biogas dari hasil kotoran sapi dan pembuatan keripik buah hasil hutan. Dan hingga kini Sampoerna telah membina para petani untuk ikut andil dalam manjaga dan merawat kelestarian hutan yang jumlahnya mencapai 37 orang.

3. kunci keberhasilan Sampoerna dalam menjalankan CSR khusus untuk Lingkungan

Kesuksesan sebuah perusahaan bukan hanya ditentukan dari keberhasilan menjalankan bisnis saja, tetapi juga didukung kemampuan dalam menyukseskan program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar. Terlihat dari bagaimana PT HM Sampoerna berupaya keras untuk membantu meningktkan kesejahteraan para pekerja, petani tembakau, masyrakat sekitar dan juga karyawan yang nantinya akan pensiun.

Program CSR yang mereka miliki memang sangat dibutuhkan masyarakat, dilaksanakan dengan maksimal dan terarah, hal ini dikarenakan pertimbangan kegiatan CSR didasarkan pada analisis fakta di lingkungan masyarakat, mereka juga terlibat langsung dalam menjalankan berbagai kegiatan CSR, program CSR dilaksanakan secara berkesinambungan dan konsisten sehingga menciptakan efek jangka panjang bagi masyarakat. Selain itu keberhasilan program lingkungan Sampoerna tak terlepas dari kerja sama dengan pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat dan komunitas sehingga tercipta suatu program yang tepat sasaran, menyeluruh dan berkelanjutan. Sampoerna juga memiliki strategi program CSR yang tepat, seperti halnya Pengalokasian berbagai sumberdaya yang dibutuhkan untuk mendukung terselenggaranya kegiatan sangat diperhatikan, terlihat dengan adanya macam-macam fasilitas yang disediakan dengan lengkap.

 

Sumber online :

http://intantanjungsari.blogspot.com/2012/01/analisys-of-pt-hm-sampoerna-tbkcsr.html

http://www.ibl.or.id/index.php?id=article&sid=details&articleID=765&lang=en

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s